Pengembangan POP UP Book Budaya Jawa Timur Kelas IV di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.105Keywords:
Media Pembelajaran, Model Addie, Pop-Up Book, Keragaman Budaya Jawa TimurAbstract
Abstrak Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV terdapat beberapa masalah diantaranya guru hanya menggunakan metode cerama, guru hanya terpacu pada buku serta kurangnya media sehingga dapat memepengaruhi nilai dan penguasaan peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV terdapat beberapa masalah diantaranya guru hanya menggunakan metode cerama, guru hanya terpacu pada buku serta kurangnya media sehingga dapat memepengaruhi nilai dan penguasaan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untk menghasilkan media Pop-Up Book materi Keragaman Budaya Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini terdiri 14 peserta didik. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah: lembar validasi dan angket respon peserta didik. Media pembelajaran Pop-Up Book materi Keragaman Budaya Jwa Timur telah melalui beberapa tahab validasi ahi medi dan validasi ahli materi dengan hasil akhir kevalidan media memperoleh skor rata-rata 89 dengan kategori ”sangat valid”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Pop-Up Book Keragaman Budaya Jawa Timur dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Arikunto, S. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Azhar, A., (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajawali Pers
Bluemel & Taylor. (2012). Pop-up Books A Guide For Teachers and Librarians. California: ABC-CLJO, LLC
Putri, D. P., (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1)
Djamarah, S. B., & Zein, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dzuanda. (2011). Design Pop-Up Child Book Puppet Figures Series? Gatotkaca?.Jurnal Library ITS Undergraduate, (Online), (http:// library.its.undergraduate.ac.id).Diakses 15 Januari 2018.
Oktaviana, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tema 2 Sub Tema 3 Energi Alternatif Menggunakan Media Miniatur Kincir Angin Pada Siswa Kelas IV MI Hidayatul Mubatadiin Plosoklaten. 15–16.
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajagrafindo Persada.
Zahro, L. (2016). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Multimedia Pop Up Book . UIN Malang, 48.
Zaman, B. (2013). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Van Dyk, Stephen. (2011). Paper Engineering: Fold, Pull, Pop & Turn. Washington DC: The Smithsonian Libraries Exhibiton Gallery.
Zahro, L. (2016). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Multimedia Pop Up Book . UIN Malang, 48.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





