Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Kelas VI Semester I SD Negeri Kembaran

Authors

  • Nurul Chusna Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Suyoto Suyoto Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Riawan Yudi Purwoko Universitas Muhammadiyah Purworejo

Keywords:

Matematika, Pemahaman Konsep, Pendekatan Matematika Realistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep penjumlahan bilangan bulat menggunakan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas VI SD Negeri Kembaran, Kecamatan Loano,  Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun penelitian dilakukan melalui 4 tahapan  yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI SD Negeri Kembaran yang berjumlah 20 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitaif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas VI SD Negeri Kembaran. Hal ini di buktikan dengan persentase peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 25% menjadi 50% dengan kategori sedang, dilanjutkan peningkatan dari siklus I ke siklus II dari 50% menjadi 83% dengan kategori tinggi. Hal ini juga didukung dengan ketuntasan belajar siswa, dimana pada studi awal ketuntasan belajar siswa hanya sebesar 15%, siklus I meningkat menjadi 55%, dan siklus II mencapai 95%. Oleh karena itu, dapat d bahwa pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi penjumlahan bilangan bulat kelas VI SD Negeri Kembaran.

References

Aisyah, A., Jaenudin, R., & Koryati, D. (2018). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 4(1), 1-11.

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis keterampilan berpikir kritis Siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61-70.

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A.S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1).

Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan pembelajaran matematika realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1).

Izzati, N. (2017). Penerapan PMR pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP. Jurnal Kiprah, 5(2), 30-49.

Utomo, L.W. 2015. Psikologi Pendidikan. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Wati, A. R., Kurniasih, K., & Iriawan, S. B. (2021). Penerapan pendekatan pmr untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas i SD. Jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 6(2), 14-23.

Widyaningrum, H.K., & Rahmanumeta, F.M. 2016. Pentingnya Strategi Pembelajaran Inovatif Dalam Menghadapi Kreativitas Siswa Di Masa Depan. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education), (1).

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Chusna, N., Suyoto, S., & Purwoko, R. Y. (2022). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Kelas VI Semester I SD Negeri Kembaran. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(02), 156–163. Retrieved from https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/165