Pemanfaatan Vidam (Video Animasi) Etika Politik dalam Islam Untuk Menambah Wawasan Kepemimpinan Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Wa Ode Lely Amaria Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rina Riana Amelia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Puteri Intan Risma Maharani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.171

Keywords:

Animasi, Etika, Politik, Video

Abstract

Saat ini teknologi informasi dan komunikasi sudah berkembang sangat pesat. Contohnya pada proses pembelajaran, yang mana sekarang ini dilaksanakan secara daring (Dalam Jaringan) semenjak adanya pandemi covid-19. Pengembangan Video Animasi menjadi salah satu strategi yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, karena media ini sangat mudah untuk dibuat serta diakses oleh peserta didik. Dengan Video Animasi ini, diharapkan siswa dapat secara mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dalam penelitian ini, digunakan metode desain and development atau desain dan pengembangan yang mana pada penelitian ini menggunakan Vidam (Video Animasi) yang berisi materi mengenai etika politik dalam islam dan bertujuan untuk menambah wawasan kepemimpinan anak sekolah dasar. Oleh karena itu, dibuat materi kepemimpinan ini dengan cara yang berbeda agar mereka memahami bahwa menjadi seorang pemimpin yang baik itu harus mengetahui etika dalam berpolitik dan juga menjadikan mereka sebagai pemimpin yang menjadi teladan bagi seluruh masyarakat.

References

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Azhar, M. (2012). “Etika Politik Muhammed Arkoun.” Jurnal Isyraqi, no,1,10 Ju(0274), 22.

Dahlan, D. (2021). Etika Politik Dalam Islam (Konstruksi Dan Persfektif). Menara Ilmu, 15(1), 42–50. https://doi.org/10.31869/mi.v15i1.2389

Diana, R., Masruri, S., & Surwandono, S. (2018). Etika Politik dalam Perspektif al-Mawardi. Tsaqafah, 14(2), 363. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v14i2.2433

Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar, 4(2), 182–191. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.6352

Imamah, N. (2012). Peningkatan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif berbasis konstruktivisme dipadukan dengan video animasi materi sistem kehidupan tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 32–36. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2010

Malang, U. M. (2017). HUBUNGAN ISLAM DAN POLITIK DI INDONESIA PERSPEKTIF PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA Ridwan. Jurnal Hukum Samudra Keadilan, 12(2), 223–236.

Maloko, M. T. (2013). Al-Daulah. Al-Daulah, 1(2), 50–59.

Rahmayanti, L. (2018). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V sdn se-gugus sukodono sidoarjo laily rahmayanti pgsd fip universitas negeri surabaya abstrak. Jurnal PGSD, 6(4), 429–439.

Downloads

Published

2022-08-20

How to Cite

Amaria, W. O. L., Amelia, R. R., Maharani, P. I. R., & Aeni, A. N. (2022). Pemanfaatan Vidam (Video Animasi) Etika Politik dalam Islam Untuk Menambah Wawasan Kepemimpinan Siswa Kelas IV SD. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(03), 339–346. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.171