Penggunaan Media Pembelajaran MIBOTER (My Islamic Bot Interactive) dalam Meningkatkan Pengetahuan Dasar Islam pada Siswa Kelas 2 SD
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.172Keywords:
Bot Telegram, Pendidikan Agama Islam, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran My Islamic Bot Interactive (MIBOTER), Bot Telegram pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Rukun Islam, Rukun iman dan Tata Cara Wudhu yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dengan model D&D (Design and Development) dan menggunakan prosedur penelitian ADDIE. Model ADDIE terdiri atas lima tahapan, yaitu (1) analisis (analyze), (2) merancang (design), (3) pengembangan (development)(4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evalution). Subjek uji coba adalah siswa kelas 2 SDN Sukamaju Kabupaten Sumedang serta guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Sebagai media m-learning, MIBOTER memiliki kelebihan utama yaitu kemudahan dalam mengakses materi pembelajaran kapan dan di mana saja dengan materi yang dapat diunduh dan dipelajari berulang-ulang, sedangkan kekurangannya yaitu dibutuhkannya jaringan internet untuk mengakses Telegram dan MIBOTER serta adanya keterbatasan materi yang disajikan sehingga memerlukan sumber belajar lain seperti buku.
References
Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech, 1(1), 9.
Astiti, N. Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tema Sampah Berorientasi Literasi Lingkungan Menggunakan Metode 4S TMD. Universitas Pendidikan Indonesia I repository.upi.edu I perpustakaan.upi.edu.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Masykhur, M. A., & Risnani, L. Y. (2020). Pengembangan Dan Uji Kelayakan Game Edukasi Digitalsebagai Media Pembelajaran Biologi Siswa Sma Kelas X Pada Materi Animalia. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 11(2), 90. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v11i2.3276
Nufusula, R., & Susanto, A. (2018). Rancang Bangun Chat Bot Pada Server Pulsa Mengunakan Telegram Bot API. JOINS (Journal of Information System), 3(1), 80–88.
Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104–112. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348
Sari, G. I., Nurtiani, A. T., & Salmina, M. (2021). 3 1,2,3. 2(1).
Siregar, A., & Manurung, I. D. (2021). Aplikasi M-Learning Pada Dongle Melalui Nilai-Nilai Islam. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 13(1), 40–53. https://doi.org/10.30596/intiqad.v13i1.5722
Subiyantoro, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning dengan BOT API Aplikasi Telegram Pada Mata Pelajaran PPKn di SMAN 12 Jakarta. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 08(3), 15.
Tresnawati, D., Septiana, Y., & Khofidin, A. (2020). Aplikasi Edukasi Rukun Islam Untuk Anak dengan Pendekatan Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Algoritma, 16(2), 166–172. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.16-2.166
Wulandari, I. G. A. A. M., Sudatha, I. G. W., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Yamin, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Materi Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika Bagi Siswa Kelas X SMAN 1 Puri Mojokerto Harmanto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(2), 153–167.
Zerlina, G. dan S. O. (2021). Makna lagu Berserk oleh Mafumafu. Pedalitra I, 98–103.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.