Pengaruh Pola Kepemimpinan dan Kemampuan Intelektual Terhadap Kinerja Guru

Authors

  • Bahrudi Efendi Damanik AMIK Tunas Bangsa
  • Widodo Saputra AMIK Tunas Bangsa

Keywords:

Pola kepemimpinan, Kemampuan intelektual, Kinerja guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui pengaruh pola kepemimpinan terhadap kinerja guru, mengetahui pengaruh kemampuan intelektual terhadap kinerja guru dan untuk mengetahui secara simultan pengaruh pola kepemimpinan dan kemampuan intelektual terhadap kinerja guru. Penelitian ini dapat digolongkan pada penelitian berjenis asosiatif  dengan jumlah sample sebanyak 30 orang. metode yang digunakan adalah metode survey. Kesimpulan penelitian bahwa variabel pola kepemimpinan secara partial berpengaruh positif terhadap  kinerja guru dengan nilai thitung > ttabel (3.165 > 1.701), variabel kemampuan intelektual secara partial berpengaruh positif terhadap  kinerja guru dengan nilai thitung > ttabel (4.371 > 1.701), variabel pola kepemimpinan dan kemampuan intelektual secara simultan berpengaruh positif terhadap  kinerja guru dengan nilai  Fhitung > Ftabel yaitu 17.175 > 3,320.

References

Alhusaini, A., Kristiawan, M., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2166–2172. https://doi.org/10.36709/jopspe.v5i1.13326

Ardiana, T. E. (2017). PENGARUH MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU AKUNTANSI SMK DI KOTA MADIUN. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(2). https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v2i1.549

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Kemampuan Intelektual Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 143.

Guterres, L. A., & Supartha, W. G. (2016). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(3).

Purwoko, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467

Rapika, S., & Sari, A. P. (2019). Pengaruh Kepribadian Dan Kemampuan Intelektual Terhadap Kompetensi Guru Di Smkn 3 Kota Bengkulu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(2), 64–76. https://doi.org/10.33369/insight.12.2.64-76

Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Peningkatan Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid-19. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 2(3), 244–255. https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i3.41

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Damanik, B. E., & Saputra, W. (2022). Pengaruh Pola Kepemimpinan dan Kemampuan Intelektual Terhadap Kinerja Guru. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(02), 182–189. Retrieved from https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/180