Penerapan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Pada Siswa Kelas X AKL 1 SMKN 1 Kandangan Tahun 2021/2022

Authors

  • Reny Neliati SMK Negeri 1 Kandangan

Keywords:

Media pembelajaran, Articulate storyline 3, Sejarah Indonesia

Abstract

Dunia Pendidikan mulai dahulu sampai abad ke-21 sekarang ini peranannya sangat penting dan strategis dalam pembangunan Nasional. Serta seiring arus globalisasi dan perkembangan yang pesat juga mempengaruhi pendidkan, tapi saat ini seluruh dunia apalagi Indonesia dirundung duka sejak masuknya virus covid-19 yang mengakibatkan dan menghambat proses pembelajaran pada kurun waktu ini. Faktor hal tersebut lah yang membuat dunia Pendidikan mulai berbenah lagi serta mengantisipasi pada pembelajaran, dan khususnya para guru-guru pun dituntut untuk mempunyai inovasi serta kreativitas agar proses mengajar tetap meningkat, antusias dan semangat dari peserta didik. Terutama pada mata pelajaran Sejarah Indonesia merupakan pelajaran yang sangat vital di setiap sekolah. Maka untuk itu, penulis akan mengembangan media pembelajaran articulate storyline 3 terhadap siswa/i SMA maupun SMK yang bertujuan meningkatkan hasil belajar dan melatih kemandirian peserta didik, serta tidak bosan saat melaksanakan pembelajaran di masa pandemi.

References

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono.(1991). Psikologi Belajar, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Astini, N. K. S. (2020). Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan. Diakses pada 18 Desember 2021.

E. Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lexy J. Moleong. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Meutiana. Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Pengajaran Berbasis Inkuiri Pada Siswa Kelas Vii.3 Smp Negeri 2 Peusangan Bireuen. Jurnal Ilmiah Circuit Vol. 1 No. 1 Juli 2015. . Diakses pada 19 Desember 2021.

M. Riski Syahbandi (2021). Ilmu Sejarah Sebagai Pengembangan Dalam Kesadaran Berbangsa.JurnalPendidikan. https://journal.fkipunlam.ac.id/index.php/pps/article/view/253. ISBN: 978-623-93665-6-8.

Nana Sudjana, 1989, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Penerbit PT Remaja.

Ropi’i, I. (2017). Pengembangan Media Digital History Time Line berbasis Articulate Story line 2. Online. http://karya-ilmiah.um.ac.id. Diakses pada 18 Desember 2021.

Sulipan. (2015). Artikel Bimbingan Karya Tulis Ilmiah Online, “Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)”, http://www.ktiguru.org/. Diakses pada 18 Desember 2021.

Sumani, Mukhlas. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyono, Poncojari et.al. (2020). Guru professional di masa pandemic COVID-19: Review Implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1 (1), 51-65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg. Diakses pada 18 Desember 2021.

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Neliati, R. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Pada Siswa Kelas X AKL 1 SMKN 1 Kandangan Tahun 2021/2022. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(02), 200–206. Retrieved from https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/190