Pengembangan Media Pop Up BUSUGI untuk Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Rossy Wulandari Universitas Muhammadiyah Gresik

Keywords:

Pengembangan, Model 4-D, Pop Up

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media Pop Up BUSUGI untuk siswa kelas III Sekolah Dasar 2021/2022. Media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pada peserta didik yang ada disekolah dasar. Media pembelajaran ini digunakan disaat pandemi karena pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Penlitian ini adalah penilitian pemgembangan (reseach and development). Desain penelitian ini menggnakan model pengembangan media pembelajaran yang dikemukakan oleh Thiagarajan yaitu model 4-D yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian (define) tahap perencanaan (Desaign), tahap pengembangan (development). Alasan peneliti tidak melaksanakan tahap akhir pada model penilitian 4-D karena keterbatasan waktu dan biaya yang digunakan subjek penilitian terdapat 4 validator. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan memberikan lembar validasi kepada validator. Sedangkan instrumen pengumpulan data dengan memberikan perangkat pembelajaran dan lembar validasi untuk dinilai oleh validator. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, didapatkan pengembangan media pembelajaran yang sudah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Untuk kevalidan perangkat pembelajaran 88,8% penilaian dari validator. Sehingga media pembelajaran materi sumber energi ini sangat valid untuk digunakan saat pembelajaran berlangsung.

References

Apriyanto, S., & Hidayat, P. (2018). Pengembangan Pop-Up Book Dalam. Fundamental Pendidikan Dasar, 1(1), 1–18

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran (19th ed.). PT RAJAGRAFINDO PERSADA

Baharu, M., Desember, N., Sd, D. I., Tanjung, N., & Matematika, P. (2018). CONCERNING THINGKING CREATIVITIES IN FUN DAY SCHOOL AT SD NEGERI 002 TANJUNG PIAYU. 2(2), 104–113.

DEVI, E. (2018). EVEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA CERITA MURID KELAS II SD INPRES PACCINONGANG KECAMATAN SOMBA OPU KEBUPATEN GOWA. 2, 227–249.

Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakuaden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3),221–228. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/viewFile/4551/3408

Dewi, M.d. (2017). "Pengembangan media pembelajaran 4-D", Jurnal Paradikma Vol. 10.2,193-203

F. Erma. (2012). Kajian Teori"Pengertian Media Pembelajaran". 11–44.

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221.

Gus, I. N. E. (2016). Perancangan Buku Pop-Up Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 04, 494–501. https://media.neliti.com/media/publications/250986-perancangan-buku-pop-up-sebagai-media-pe-4010ccca.pdf

MUHAMMAD SHOLEH. (2017). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Sub Tema Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Skripsi. Artikel Ilmiah.

Prof. Dr. Azhar Arsyad, M. . (2011a). No Title. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Puspita Ratih, N., & Hakim, L. (2018). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah pada Siswa Smk Kompetensi Keahlian Perbankan Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(2), 160–166.

Safitri, R. D. (2018). Artikel Pengembangan Media Pop-up Materi MengidentifikasiI Sumber Energi Dan Kegunaanya Siswa Kelas III SDN 1 Serut Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017 / 2018 Oleh : Retno Dwi Safitri Dibimbing oleh : Univeritas Nusantara PGRI Kedniri Surat Pernyataan

Siregar, P. S. (2017). No Title. CV BUDI UTAMA.

Sudjana, Nana dan Rivai, A. (2009). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo Bandung.

Sugiyono, (2012) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D

Thiagaraja, S. S. (1974). Instrctional Development for Training Teachers of Exceptional Childreen. leadership Training Institute/ Spesial Edicatioan, Minnesota : University of Minnesota, Minneapolis.

Trianto,(2015). Model Pembelajaran Terpadu; Konsep Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Wulandari, R. (2022). Pengembangan Media Pop Up BUSUGI untuk Kelas III Sekolah Dasar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(02), 324–330. Retrieved from https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/191