Proses Berpikir Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pemfaktoran

Authors

  • heri cahyono

Keywords:

Proses Berpikir, Kreatif, Pemfaktoran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa yang mempunyai kemampuan tinggi, sedang dan rendah dalam pemecahan masalah pemfaktoran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dengan tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah memiliki perbedaan dan persamaan dalam memecahkan masalah matematika. Perbedaan tersebut, yaitu: (1) Siswa dengan tingkat kecerdasan tinggi mampu melihat dan mengamati soal dengan baik, bisa mengerjakan soal secara urut sesuai dengan prosedur dan teliti membaca soal. (2) Siswa dengan tingkat kecerdasan sedang kurang teliti dalam mengamati dan membaca soal, perlu sedikit arahan, kurang teliti dalam mengerjakan soal, akan tetapi masih bisa mengerjakan soal dengan caranya sendiri. (3) Siswa dengan tingkat kecerdasan rendah tidak teliti dalam mengamati dan membaca soal, kurang keinginan untuk mengarahkan diri mengerjakan soal dan tidak bisa membayangkan rumus apa yang akan dipakai dalam mengerjakan soal. Persamaannya yaitu: siswa masih berminat untuk mengerjakan soal pemfaktoran. Dari hasil tes tulis dan wawancara dapat disimpulkan bahwa dengan menganalisis kemampuan siswa memecahkan masalah matematika berdasarkan tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah maka dapat mengetahui tingkat kemampuan siswa saat mengerjakan soal pemfaktoran pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Ngrambe Ngawi tahun pelajaran 2019/2020.

References

Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Ghufron & Risnawita. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Madia.

Kartikawati, S. 2010. Efektifitas Strategi Pembelajaran Kooperatif dan Problem Posing dengan Kombinasi Tutorial Online untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan. vol 16, no 1: 1411-6278: IKIP PGRI Madiun.

Munandar, Utami. 2004. Pengembangan kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Ngalim, Purwanto M. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rachmawati, Y dan Kurniati, E. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santrock, W John. 2009. Psikologi Pendidikan Educational Psychology Edisi Ke 3. Jakarta: Salemba Humanika.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. (Ed. Rev). Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Walgito, B. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2021-02-27

How to Cite

cahyono, heri. (2021). Proses Berpikir Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pemfaktoran. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 1(1), 13–19. Retrieved from https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/2