Pembuktian Nilai “pi” Pada Siswa SMP Dengan Metode Penemuan Terbimbing

Authors

  • Nurul Huda SMP Negeri 4 Cikarang Selatan
  • Yatha Yuni STKIP Kusuma Negara

Keywords:

Metode penemuan terbimbing, Nilai π, Pembuktian

Abstract

Pembuktian matematis merupakan bagian dari kemampuan matematika yang harus dimiliki siswa, namun masih sulit dipahami dan dilakukan siswa. Guru harus memerlukan strategi yang tepat untuk melatih kemampuan pembuktian dan dilakukan secara kontinu. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuktikan nilai pi pada materi lingkaran sebagai awal agar siswa menyukai proses belajar bermakna dengan menemukan pembuktian nilai π. Subjek yang diteliti adalah 56 siswa kelas 8 di SMP Negeri 4 Cikarang Selatan. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dilakukan pada tahun pelajaran 2021/2022 dalam dua siklus dengan empat tahapan (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi). Instrumen sebagai alat pengumpul data menggunakan lembar tugas bentuk essay secara individu dan kelompok, lembar pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari siklus 1 ke siklus 2 diperoleh aspek-aspek keaktifan siswa pada saat KBM rata-rata meningkat. Kemampuan pembuktian nilai π pada siklus 1 baru mendapat kan nilai π = 3,27 meningkat lebih teliti pada siklus 2 menjadi 3,15. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembuktian nilai π.

References

Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi (Revisi). Bumi Aksara.

Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Segitiga. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 179. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7684

Dewi, P. S. (2016). Perspektif Guru Sebagai Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 179. https://doi.org/10.24042/tadris.v1i2.1066

Fitriyanti, F. (2019). Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Ketrampilan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Sdn 3 Candimulyo Tahun 2018/2019. Indonesian Journal of Education and Learning, 3(1), 318. https://doi.org/10.31002/ijel.v3i1.1742

Gazali, R. Y. (2016). Development of mathematics teaching materials for junior high school students based on Ausubel learning theory. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182–192.

Gunawan, G. (2015). Metode Penemuan Terbimbing (Guide Discovery) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Tekanan. Madaniyah, 5(1), 48–62. https://media.neliti.com/media/publications/195102-ID-metode-penemuan-terbimbing-guide-discove.pdf

Hasan, H., & A. (2019). Proceeding Book of: The 1st International Confrence on Islamic Studies (ICIS) “University As One Of Key Pillarss Of Civilitation Building.” 110–117.

Lahadisi. (2014). Inkuiri : sebuah strategi menuju. Jurnal Al-Ta’dib, 7(2), 85–98.

Nyoto, A. M. W. (2015). Model- Model Pembelajaran (1st ed.). Universtas Negeri Malang.

Rahmah, N. (2018). Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.54

Sefalianti, B. (2014). Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 11–20.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (16th ed.). Alfabeta.

Syafri, S.Fatrima. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath, 3(1), 49–55. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48.

Yuni, Y., & Fisa, L. (2020). Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal of Instructional Mathematics, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.37640/jim.v1i1.267

Yuni, Y., Purwa Kusuma, A., Huda, N., Kusuma Negara Jakarta, S., & Selatan, C. (2021). Problem-based learning in mathematics learning to improve reflective thinking skills and self-regulated learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 467–480. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/index

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Huda, N., & Yuni , Y. (2022). Pembuktian Nilai “pi” Pada Siswa SMP Dengan Metode Penemuan Terbimbing. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(02), 235–244. Retrieved from https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/203