Afirmasi Seni Teater di dalam Penguatan Pendidikan Karakter

Authors

  • Wulan Pusposari Universitas Negeri Jakarta
  • Siti Ansoriyah Universitas Negeri Jakarta
  • Ifan Iskandar Universitas Negeri Jakarta
  • Anis Rahmawati Badan Riset dan Inovasi Nasional

Keywords:

Seni Teater, Penguatan Pendidikan Karakter, Afirmasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi korelasi kuat atau benang merah atas kebutuhan instansi pemerintah dalam mencetuskan program penguatan pendidikan karakter pada satuan unit pendidikan dengan irisan nilai yang terdapat dalam praktik-praktik kesenian teater. Penguatan pendidikan karakter menjadi bagian dari sistem yang diturunkan dari pusat pada unit-unit pelaku pendidikan di lapangan. Hal itu perlu ditinjau dari beragam perspektif. Pada prinsipnya, dunia pendidikan akan selalu lekat atau beririsan dengan bidang yang lain serta dielaborasi oleh berbagai elemen. Penelitian ini meninjau implementasi kebijakan pendidikan karakter dari sudut pandang bidang seni, khususnya teater. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data merujuk pada wawancara tokoh dengan pendekatan naratif. Penelitian difokuskan pada pendidikan karakter yang disoroti oleh pelaku atau pegiat seni teater yang sekaligus pemangku kebijakan dalam bidang tersebut. Kesadaran dunia seni yang juga mampu merefleksikan penguatan pendidikan karakter dan menjadikannya dua hal yang saling beririsan atau cenderung dapat berada pada tujuan yang sama, menjadi barang baru untuk dikaji dan dipahami pada era saat ini yang mulai meninggalkan poin penting untuk membangun pribadi/karakter.

References

Anggraini, R., Pitoewas, B., & Nurmalisa, Y. (2018). Pengaruh Kegiatan Kokurikuler dalam Mendukung Kegiatan Intrakurikuler di SMAN 1 Seputih Mataram. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(11).

Apriyanti, S. N., & Hidayat, S. (2019). Pendidikan Karakter; Penumbuhan Kreativitas siswa melalui Program Ekstrakurikuler Teater di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 229–235. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/12751

Hasan, Marlia, H., & Others. (2022). PEMBELAJARAN OLAH TUBUH DASAR TEATER DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA EKSTRAKURIKULER DI MAN 2 PALEMBANG. LJSE: Linggau Journal Science Education, 2(1), 67–78.

Jakarta, D. K. (n.d.). Dewan Kesenian Jakarta. Https://Dkj.or.Id/Tentang-Dkj/Komite/.

Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Peta Jalan Penguatan Pendidikan Karakter. 1–16.

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 1–10. www.journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan

Lab Teater Ciputat. (n.d.). Tentang Kami. Lab Teater Ciputat. www.teaterciputat.com

Magrisa, T., Wardhani, K. D. K., & Saf, M. R. A. (2018). Implementasi Metode SMART pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Siswa SMA. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 13(1), 49. https://doi.org/10.30872/jim.v13i1.648

Permendikbud. (2018). Permendikbud RI No 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal, 8–12. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.pdf

Ramadhani, R. (2019). Karakter Siswa pada Pelatihan Teater di Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar Seni Teater Pammarica Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Polewali. Skripsi, Jurusan Seni Pertunjukan, Prodi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Ne. Universitas Negeri Makassar.

Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705

Srisudarso, M., & Nurhasanah, E. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter pada Ekstrakurikuler Drama (Teater). ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Utami, S. W. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 63. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p63-66

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Pusposari, W., Ansoriyah, S., Iskandar, I., & Rahmawati, A. (2022). Afirmasi Seni Teater di dalam Penguatan Pendidikan Karakter. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(02), 255–263. Retrieved from https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/204