Analisis Kesulitan Mahamahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ekonomi pada Materi Fungsi Permintaan dan Penawaran Ditinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis

Authors

  • Arini Hidayati Universitas Nurul Jadid
  • Luluk Firdaussiah Universitas Nurul Jadid
  • Imania Rizki Utami Universitas Nurul Jadid
  • Nely Putri Ayu Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.261

Keywords:

Fungsi Penawaran, Fungsi Permintaan, Kesulitan Mahasiswa, Koneksi Matematis

Abstract

Kemampuan koneksi matematis adalah kemampuan mengaitkan konsep-konsep matematika baik antar konsep dalam matematika itu sendiri maupun mengaitkan konsep matematika dengan konsep dalam bidang lainnya. Namun, pada kenyataannya masih banyak mahasiswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis rendah. Kemampuan koneksi matematis yang rendah cenderung mengakibatkan mahasiswa kesulitan dalam belajar matematika, sehingga mereka kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dialami mahasiswa dalam menyelesaikan saoal matematika ekonomi pada materi fungsi permintaan dan fungsi penawaran ditinjau dari kemampuan koneksi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Ekonomi semester IVB yang berjumlah 26 orang, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara. Soal tes berbentuk uraian sebanyak 2 soal untuk menentukan tingkat kemampuan koneksi matematis subjek. Sedangkan untuk wawancara dilakukan secara terstuktur berdasarkan pedoman yang telah dibuat, dengan tujuan untuk menemukan tingkat kesulitan subjek melalui data yang diperoleh dari jawaban-jawaban subjek pada saat tes tertulis. Data yang diperolah selanjutnya dianalisis berdasarkan alur analisis Milles dan Hubermen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yakni pada subjek yang memiliki tingkat KMT cenderung tidak memiliki kesulitan dalam menyelesaikan soal. Pada tingkat KMS, subjek cenderung mengalami kesulitan pada penerapan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal. Pada tingkat KMR, subjek cenderung mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yaitu pada pemahaman konsep, penerapan prinsip, dan masalah verbal.

References

Aliyah, I. M., Yuhana, Y., & Santosa, C. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 161-178.

Andri, Wibowo, D. C., & Agia, Y. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V SD Negeri 25 Rajang Begantung II. J-PiMat, 231-241.

Andriani, N., Sutarto, & Febrilia, B. R. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran SMPN 3 Narmada Ditinjau dari Peta Kognitif. JPIn (Jurnal Pendidik Indonesia), 72-84.

Bakhril, M. S., & Kartono, D. N. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring Cooperative Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 754-758). Semarang: UNNES.

Dewi, N. K., Zainuddin, U., & Dimpudus, A. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII. Jurnal PRIMATIKA, 61-70.

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 315-322.

Laili, F. J., & Puspasari, R. (2018). Kesulitan Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 1-10.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: National Council of Teachers of Mathematics.

Nurainah, Maryanasari, R., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kesulitan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Bangun DAtar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 37-43.

Nurdin, E., Nufus, H., & Hasanuddin. (2018). Pengaruh Pendekatan Visual Thinking terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 17-26.

Romli, M. (2017). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA dengan Kemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Maslah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 145-157.

Sholekah, L. M., Anggraeni, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. Wacana Akademika, 151-164.

Subanji. (2015). Teori Kesalahan Konstruk Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugianto, I. U., & Qohar, A. (2020). Koneksi Matematis pada Pembelajaran Matematika Materi Logaritma Siswa Kelas X. SQUARE : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 82-88.

Wirawan, N. (2002). Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi Edisi Ketiga. Denpasar: Keraras Emas.

Yolanda, F., & Amelia, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Accelerated Learning Cycle. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 268-274.

Downloads

Published

2022-08-20

How to Cite

Hidayati, A., Firdaussiah, L., Utami, I. R., & Ayu, N. P. (2022). Analisis Kesulitan Mahamahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ekonomi pada Materi Fungsi Permintaan dan Penawaran Ditinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(03), 451–458. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.261