Transformasi Taksonomi Bloom dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS

Authors

  • Welas Listiani IKIP Budi Utomo
  • Rachmawati Rachmawati IKIP Budi Utomo

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.266

Keywords:

transformasi, taksonomi Bloom, evaluasi pembelajaran, HOTS

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan transformasi taksonomi Bloom dalam evaluasi pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills atau HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode kajian pustaka. Evaluasi merupakan penilaian terhadap hasil belajar peserta didik. Ada tiga hasil belajar yang dapat dinilai. Salah satunya adalah kemampuan kognitif atau pengetahuan. Penilain ini dilakukan sesuai dengan ranah kognitif taksonomi Bloom. Namun,  mengalami transformasi atau perubahan pada tahun 2001. Perubahan tersebut berupa C1, C2, C3, C4, C5, dan C6 dari pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi menjadi mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Selain itu, revisi taksonomi Bloom menunjukkan adanya perubahan dari kata benda menjadi kata kerja. HOTS meliputi menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Menyusun soal HOTS harus memperhatikan kata kerja operasional dari C4, C5, dan C6 taksonomi Bloom yang sudah direvisi. HOTS merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang berada pada level penalaran.

References

Abdhul, Y. (2021). Studi Pustaka: Pengertian, Tujuan dan Metode. Deepublish. https://penerbitbukudeepublish.com/studi-pustaka/

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. In Jakarta: Bumi Aksara.

Armstrong, P. (2017). Bloom’s Taxonomy, center for teaching, Vanderbilt University. In Vanderbilt University.

D. Samo, D., & Suban Garak, S. (2019). Pelatihan Pengembangan Soal Geometri Level Higher-Order Thinking Skill (HOTS) bagi Guru Sekolah Dasar di Kota Kupang.. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP). https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v2i01.260

Darise, G. N. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Sebagai Solusi Alternatif Pendidikan Di Indonesia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Iqra’. https://doi.org/10.30984/jii.v13i2.967

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal HOTS pada Kurikulum 2013.. EDUDEENA. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

Lusiyana, D., & Sumliyah, S. (2018). Analisis Disposisi Matematika Berdasarkan Higher Order Thinking aksonomi Bloom (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Cirebon). Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.1.2477

Permendikbud No. 23 Tahun 2016. (2016). https://drive.google.com/file/d/1E84jLhZ7abmah_3pbsrWSo5VEuA4KVGW/view

Sawitri, D. (2014). Penilaian Hasil Belajar. In Modul Pelatihan dan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) (pp. 272–315). KOPERTIS VII.

Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills.

Wilson, L. O. (2016). Anderson and Krathwohl – Bloom’s taxonomy revised. The Second Principle. https://quincycollege.edu/wp-content/uploads/Anderson-and-Krathwohl_Revised-Blooms-Taxonomy.pdf

Downloads

Published

2022-08-20

How to Cite

Listiani, W., & Rachmawati, R. (2022). Transformasi Taksonomi Bloom dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(03), 397–402. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.266