Penerapan Media Video PMRI Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas III MI

Authors

  • Zulfatun Ni'mah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.290

Keywords:

Penerapan media video PMRI, Kemampuan Pemeahan Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penerapan media video PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas III MI. Metode ini yang digunakan adalah metode Kuantitatif dengan jenis penelitian Deskriptif Eksperimen, desain penelitian menggunakan Pre-Experimental Designs (nondesaigns) dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design, subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III MI Banat Manyar, teknik pengumpulan data menggunakan dari Tes,  dan analisis data menggunakan uji sensitivitas. Hasil penerapan media video terhadap kemampuana pemeahan masalah dengan hasil tes kemampuan pemecahan masalah latihan pretest dengan jumlah sampel 19 peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 80,42 dengan nilai minimum 68 dan nilai maksimum 92, sedangkan latian posttest dengan jumlah sampel 19 peserta didik mendapatkan rata-rata 85,68 dengan nilai minimum 72 dan nilai maksimum 100. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest (sebelum menggunakan media video PMRI) berpengaruh terhadap nilai rata-rata posttest (sesudah menggunakan media video PMRI).

References

Amir, M. F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Konstektual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 01(07), 34–42.

Ety Nur Inah. (2015). Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa. Ety Nur Inah. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017,96–102.

Novita, M. D., Muchlis, E. E., & Yensi, N. A. (2018). Pengembangan video pembelajaran berbasis pendidikan matematika realistik indonesia (pmri) pada materi segitiga untuk siswa kelas vii smpn 1 kota bengkulu. 2(1), 83–89.

Nym., N., Widiantasari, Syahruddin, H., & Widiana, I. W. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Buleleng.

Amir, M. F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Konstektual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 01(07), 34–42.

Ety Nur Inah. (2015). Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa. Ety Nur Inah. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.

Hervanda, Y., Fajriah, N., Suryaningsih, Y., & Matematika, P. (2020). Soal Model PISA dengan Konteks Etnomatematika untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa ( Problems Of Pisa Type With Ethnomatematic Context To Measure Student Problem Solving Ability ). 2(2).

Mindariyanti, E. N. (2017). Menggunakan Media Tabel Milenium terhadap Hasil Belajar Materi Pengukuran Kelas 3 SD.

Nana sutarna, ipan ripai. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Macromedia Flash untuk Sekolah Dasar. Abstrak Pendahuluan Perkembangan IPTEKS menyasar ke semua aspek kehidupan termasuk didalamnya lemahnya proses pembelajaran . Sis. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 130–137.

Downloads

Published

2022-08-20

How to Cite

Ni’mah, Z. (2022). Penerapan Media Video PMRI Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas III MI. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(03), 489–495. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.290