Menerapkan Pola Hidup Sehat dengan Menggunakan Metode Bercerita Pada TK Kusuma Bangsa

Authors

  • Rani Febrianti Universitas Pancasakti
  • Rizawati Universitas Pancasakti

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.57

Keywords:

Pola hidup sehat, Metode bercerita, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peranan metode bercerita dalam menanamkan pola hidup sehat pada anak di TK Kusuma Bangsa. Metode penelitian yang digunakan adalah desktriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diperiksa keabsahannya dengan triangulasi sumber dan metode, selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis data interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita untuk menerapkan pola hidup  sehat sangat membuat hasil yang baik dan bisa diterapkan oleh masing-masing peserta didik baik di sekolah, rumah maupun lingkungan. Adapun pola hidup sehat bagi anak usia dini meliputi makanan, minuman, Kesehatan jasmani, yang mana anak mengkonsumsi makanan yang bergizi, berolahraga teratur, istirahat yang cukup. Metode bercerita dapat menarik perhatian peserta didik dalam mengingat dan menceritakan kembali apa yang telah diceritakan oleh guru, sehingga apabila pembiasaan dilakukan terus menerus maka akan terbiasa sampai anak tumbuh dewasa. Metode bercerita yang digunakan sangatlah menarik dengan gambar-gambar yang sesuai dengan pola hidup sehat sehingga peserta didik memahami apa arti hidup sehat bagi dirinya juga orang lain.

References

Abdul Aziz, (2001), Mendidik Dengan Cerita, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Ahmad Tafsir, (2003), Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Depkes, (2006), Pedoman Pembinaan Kesehatan Anak Didik, Jakarta : Direktorat Bina Kesehatan Anak.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, (2010), Gizi Seimbang Untuk Anak Usia Dini, Jakarta : Kementrian Pendidikan Nasional.

Dhieni, N., Fridani, L., Yarmi, G., & Kusniaty, N. (2005). Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hadari Nawawi dan Mimi Martini, (1994), Penelitian Terapan, Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Haris Herdiansyah, Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta : Salemba Humanika, 2010.

Kusumo Priyono, (2010), Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini, Dasar Dasar Mendongeng, Jakarta : Buletin PAUD.

Moeslichatoen R., (2004), Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak, Jakarta : PT. Asdi Mahasatya.

Moleong, L. J., & Edisi, P. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Nawawi, H., & Martini, H. (2004). Metode Diskriptif Penelitian Terapan. Yogyakarta: UGM Press.

Nurbiana Dhieni,dkk., (2008), Metode Pengembangan Bahasa, Jakarta : Universitas Terbuka.

Putra, A., & Hasan, I. (2018). PERANAN PROMOSI KESEHATAN DALAM PENGENDALIAN PEROKOK AKTIF (Studi Kasus Pada Center for Tobacco Control Studies Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 3(1).

SUPRAPTI, S. (2019). PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI BA ‘AISYIYAH SUKUN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Shihab Alwi, (2010), Islam Inklusif (Menuju Islam Terbuka dalam Beragama), Bandung.

Soegeng Santoso, (2009), Kesehatan dan Gizi, Jakarta : Universitas Terbuka.

Sugiono, (2008), Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif, Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, (2006), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta.

Sukmadinata, Nana Saudih, (2005), Metode Penelitian Pendidikan, bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2021-11-20

How to Cite

Febrianti, R., & Rizawati, R. (2021). Menerapkan Pola Hidup Sehat dengan Menggunakan Metode Bercerita Pada TK Kusuma Bangsa. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 1(04), 209–217. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.57