PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Annisa Nurul Fadilla Universitas Siliwangi
  • Ayu Suci Relawati Universitas Siliwangi
  • Nani Ratnaningsih Universitas Siliwangi

Keywords:

Probelematika, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Matematika, Covid-19

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di tingkat SMA dan SMK Kota Tasikmalaya yang melakukan proses pembelajaran daring dalam kegiatan belajar mengajarnya dengan tujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran daring pada pembelajaran matematika di masa pandemi covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA dan SMK di Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika yang terjadi yaitu diantaranya peserta didik merasa sulit untuk memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru, siswa tidak merasa termotivasi untuk belajar, siswa tidak meguasai pembelajaran dengan baik. Upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu guru harus bisa mencari metode pembelajaran yang lain supaya siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru sehingga peserta  didik dapat menguasai materi pembelajaran yang dilaksanakan dengan baik dan peserta didik juga dapat termotivasi untuk belajar walaupun pembelajaran dilakukan dengan cara daring.

References

Angraini, W. D. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR . 6-7.

Anim, M. (2020). PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN MAYEMATIKA TENTANG PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA LEARN FROM HOME (LFH) PANDEMIC COVID-19. MATEMATICS PAEDAGOGIC, 75.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 284.

Arief Aulia Rahman, F. (2018). ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN SCIENTIFIC APPROACH. MAJU, 34-37.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 281.

Asrilia Kurniasri, F. S. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 3.

Dewi, W. A. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 58.

Hilna Putria, L. H. (2020). Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Basicedu, 863.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Islamic Education, 2.

Pohan, A. E. (2020). KONSEP PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH. Purwodadi: CV. SARNU UNTUNG.

Sari, R. K. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama dan Solusi Alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 25.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 63.

Downloads

Published

2021-05-10

How to Cite

Fadilla, A. N. ., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 1(02), 48–60. Retrieved from https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/6