JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP <p><strong>Jurnal Jendela Pendidikan</strong> (e-ISSN: 2775-6181 p-ISSN: 2776-267X) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh <a href="https://www.jendelaedukasi.id"><strong>CV. Jendela Edukasi Indonesia</strong></a> dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan <strong>Februari, Mei, Agustus, November</strong>. Kami mengundang peneliti, praktisi, dosen, guru, serta mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai upaya pengembangan pendidikan di Indonesia. Dalam upaya menjaga kualitas artikel di Jurnal Jendela Pendidikan, kami mengambil pakar-pakar peneliti bidang pendidikan serta menggunakan software plagiarisme artikel.</p> en-US hericahyono@jendelaedukasi.id (Heri Cahyono) anwas.mashuri.1@gmail.com (Anwas Mashuri) Sat, 20 May 2023 01:27:24 +0000 OJS 3.2.1.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Kepraktisan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Menggunkaan Model Kooperatif Tipe STAD pada Materi Suhu dan Kalor Di SMP https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/427 <p>Penelitian ini bertujuan akan melihat tingkat kepraktisan dari penggunaan media pembelajaran permainan ular tangga memakai model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap materi suhu dan kalor. Metode penelitan dan pengembangan ( R&amp;D) mengacu pada langkah penelitian dan pengembangan Brog and Gall yang suda dimodifikasi, 5 tahapan yang diadaptasi kemudain dikelompokkan menjadi 3 bagian penting yang suda disesuaikan yakni: 1) Studi pendahuluan, 2) Pengembangan produk, dan 3) Uji coba. Teknik pengumpulan data digunakan untuk melihat kepraktisan media digunakan lembar keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan angket respon siswa mengenai pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga. Hasil penelitian ini terlihat bahwa media pembelajaran permainan ular tangga begitu praktis digunakan dalam proses pembelajaran dengan memperolah rata-rata presentase keterlaksanaan aktivitas pembelajaran yakni 98,7% mencapai kriteria sangat baik serta respon siswa diperoleh rata-rata presentase 89,32% mencapai kriteria sangat baik serta respon guru diperoleh presentase 85,77% dengan kategori baik.</p> Jusriana R. Danggu, Muhammad Yusuf, Dewi Diana Paramata Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/427 Sat, 20 May 2023 00:00:00 +0000 Dampak Positif Dan Negatif Permainan Lato-Lato Pada Anak Sekolah Dasar https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/428 <p>Pada era modern ini permainan tradisional atau permainan lama sangat jarang dimainkan oleh anak sekolah dasar, tetapi pada awal tahun 2023 ini permainan tradisional atau permainan lama mulai bermunculan. Permainan lato-lato ini adalah permainan tradisional atau permainan lama yang menggunakan dua bola yang diikat dengan tali dan cincin untuk mengendalikannya. Permainan lato-lato ini sangat popular saat ini. Namun ketenaran permainan lato-lato ini menuai banyak tanggapan positif dan negatif dari kalangan orang tua dan guru di sekolah. Salah satu dari dampak positifnya yaitu anak sekarang lebih beralih ke permainan lato-lato dari pada gadget. Sedangkan dampak negatifnya yaitu anak menjadi lupa waktu dan lupa tempat saat memainkan permainan lato-lato. Saran dari peneliti yaitu perlunya sosialiasasi dan pendampingan orang tua dan anak terkait permainan lato-lato ini. Karena sebagai orang tua, kita juga perlu mengawasi apa yang dimainkan anak dan lebih mengatur waktu bermain anak.</p> Fajar Hamdhan Utama, Haryo Mukti Widodo, Septyaningrum Putri Purwoto, Agus Himawan Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/428 Sat, 20 May 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA MI An-Nur Daren https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/431 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model <em>Problem Based Learning</em> menggunakan pendekatan STEM untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas IV Mata Pelajaran IPA MI An-Nur Daren. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian dianalisis Penerapan model dimulai perencanaan RPP, bahan ajar, materi, model dan pendekatan serta tujuan pembelajaran<strong>, </strong>pelaksanaan penerapan model terdapat tiga kegiatan, pendahuluan, inti, dan penutup<strong>, </strong>pendahuluan memuat persiapan pembelajaran dengan menyiapkan perangkat pembelajaran serta model dan pendekatan pembelajaran, kegiatan inti penerapan, <em>Observe</em>, <em>New Idea</em>, <em>Innovation</em>, <em>Creativity</em>, <em>Society</em>. Keberhasilan dilihat dari indikator yang berupa berfikir kritis, mengemukakan pendapat, menganalisis dan memecahkan masalah terkait dengan materi daur hidup hewan dan pemanfaatan makhluk hidup, merancang kesimpulan. Faktor pendukung antara lain guru professional, kondisi sosial di sekolah, sarana dan prasarana, sedangkan faktor penghambatnya estimasi waktu, ketersediaan alat dan bahan.</p> Fathia Latifah, Elya Umi Hanik Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/431 Sat, 20 May 2023 00:00:00 +0000 Evaluasi Ujian Tengah Semester Menggunakan Model Kirkpatrick Pada Mata Pelajaran Fisika Di SMA https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/435 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian model Kirkpatrick melalui empat levelnya yaitu level reaksi, level belajar, dan level perilaku serta level hasil dengan program ujian tengah semester mata pelajaran fisika di sekolah menengah atas (SMA). Penelitian ini menggunakan model evaluasi kirkpatrick. Metode pengumpulan data evaluasi ujian tengah semester dilakukan dengan menggunakan angket respon guru dan peserta didik yang di sebarkan melalui <em>google form</em>. Penelitian ini dilakukan di lima sekolah yaitu SMAN 1 Gorontalo Utara, SMAN 5 Gorontalo Utara, SMAN 6 Gorontalo Utara, SMAN 7 Gorontalo Utara, dan SMAN 9 Gorontalo Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan evaluasi penyelenggaraan ujian tengah semester berjalan dengan sangat baik. Dalam perspektif guru pada level reaksi predikat sangat puas dengan skor perolehan 92%, level belajar predikat sangat baik dengan skor perolehan 94%, level perilaku predikat sangat baik dengan skor perolehan 91%, dan level hasil predikat sangat baik dengan skor perolehan 93%. selanjutnya dalam perspektif siswa pada level reaksi predikat sangat puas dengan skor perolehan 81%, level belajar predikat baik dengan skor perolehan 82%, level perilaku predikat sangat baik dengan skor perolehan 86%, dan level hasil predikat baik dengan skor perolehan 80%.</p> Ahmad Rajak, Dewi Diana Paramata, Masri Kudrat Umar Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/435 Sat, 20 May 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Di SMAN 1 Tanjung Raja https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/436 <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di SMAN 1 Tanjung Raja. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 4 Agustus-1 September 2022 di SMAN 1 Tanjung Raja. Metode yang diterapkan dalam penelitian yaitu metode quasi experiment yang dalam penerapanya hanya digunakan satu sampel yang menjadi kelas ekperimen. Berdasarkan tehnik simple random sampling maka didapatkan kelas X.2 sebagai kelas ekperimen. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data digunakan tes pretest dan posttest. Adapun penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas data, uji linieritas data dan uji regresi sederhana sebagai tehnik prasyarat analisis data dengan taraf signifikansi &gt; dengan taraf = 0,05. Hasil yang diperoleh dari perhitungan data yaitu &gt; atau = 34,63 &gt; = 4,17. Dapat disimpulkan berdasarkan perhitungan data yang dilakukan maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini memiliki suatu pengaruh terhadap hasil belajar setelah diterapkan model snowball throwing di kelas X SMAN 1 Tanjung Raja.</p> Andika Juliansyah, L.R Retno Susanti Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/436 Sat, 20 May 2023 00:00:00 +0000 Kompetensi Evaluator Dalam Pelaksanaan Evaluasi Program Pendidikan https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/437 <p>Evaluasi dilakukan supaya mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan suatu program berjalan dan untuk melihat perkembangan program yang terlaksana. Dalam hal evaluasi program pendidikan ini, seorang evaluator tentunya harus memiliki kompetensi yang menjadi dasar dalam pelaksanaan tugasnya. Maka dari itu tujuan dari penulisan artikel ini ialah untuk mengeksplorasi bagaimana kompetensi evaluator program pedidikan dalam pelaksanaan evaluasi program pendidikan. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu dengan metode riset kualitatif, yaitu menekankan analisanya pada data deskriptif berupa kata-kata tertulis yang diamati. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran evaluator program ialah sebagai penanggung jawab atas sebuah program, mulai saat merencanakan sampai pada hasil evaluasi program. Kompetensi evaluator program dalam melakukan evaluasi program pendidikan terdiri dari empat kompetensi, yaitu: 1) kompetensi manajemen, yaitu kompetensi dimana seorang evaluator mampu untuk mengatur dan mengelola program, agar dapat dievaluasi dengan efektif dan efisien, 2) kompetensi teknis, yaitu evaluator melakukan tahapan-tahapan evaluasi dengan baik mulai dari perencanaan sampai penyelesaian, 3) kompetensi konseptual, yaitu evaluator mampu untuk menganalisis sebuah program dan mencari alternatif pemecahan masalah sebuah program pendidikan, 4) kompetensi bidang ilmu, yaitu dimana evaluator memiliki kemampuan dan keterampilah yang memadai dalam mengevaluasi sebuah program pendidikan.</p> Inom Nasution, Febri Nanda Monalisa, Sarah Lailatil Fadla, Eka Putri Wildyani, Putri Febby Aulia, Abdul Rohim Husaini Wijaya Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/437 Sat, 20 May 2023 00:00:00 +0000 Penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah di SMK Taman Sidoarjo https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/438 <p>Pendidikan dan pembiayaan adalah dua komponen yang berkaitan satu sama lain. Pendidikan tidak dapat terlaksana dengan sempurna tanpa adanya pembiayaan. Pembiayaan diperlukan dalam pengoptimalan seluruh sumber daya yang tersedia guna mencapai tujuan pendidikan. Sehingga dalam hal ini perlu ada perencanaan dalam penyusunan pembiayaan dalam lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyusunan RAPBS di SMK Taman Sidoarjo berdasarkan prinsip dan prosedur yang benar. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah prosedur dalam penyusunan RAPBS Sekolah di SMK Taman meliputi: (1) Mengidentifikasi dan menginventarisasi rencana kegiatan atau program selama satu tahun anggaran, (2) Menentukan sumber dana untuk rencana kegiatan, (3) Menyusun RAPBS berdasarkan rincian kegiatan dan sumber dana ke dalam format yang telah disetujui, (4) Melakukan revisi dokumen RAPBS. Penerapan prinsip dalam penyusunan RAPBS di SMK Taman Sidoarjo meliputi: (1) Pembagian wewenang dan tanggung jawabnya kepada seluruh pihak yang berkepentingan, (2) Melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam penyusunan RAPBS, (3) Menentukan program kegiatan berdasarkan skala prioritas.</p> Putri Regina Herawati Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/438 Sat, 20 May 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana BOS Dalam Program RKAS DI SDN Made 1 Surabaya https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/442 <p>Peneliti melaksanakan penelitian ini karena hendak menelaah bagaimana penerapan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana BOS dalam program RKAS di SD Negeri Made 1 Surabaya. Dana BOS ini membutuhkan suatu pengelolaan yang efektif yaitu dengan transparan dan akuntabel. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengenal serta memahami bagaimana penerapan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana BOS dalam program RKAS di SD Negeri Made 1 Surabaya. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif bersifat deskriptif beserta jenis penelitiannya yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti yakni melakukan observasi, wawancara serta dokumentasi. Sementara itu, analisis data yakni dilaksanakan dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dalam menguji keabsahan data peneliti juga memakai triangulasi sumber dan triangulasu teknik. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa penerapan transparansi dan akuntabilitas yang dilaksanakan SD Negeri Made 1 Surabaya dapat dikatakan baik. Pelaksanaan transparansi dengan perencanaan penggunaan dana BOS yang dilakukan secara keterbukaan dengan mengikutkan Komite Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan. Sedangkan akuntabilitas dapat dilihat dari hasil pembuatan dan pertanggungjawaban dari pelaporannya secara online dan offline.</p> Ucik Rachmawati Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/442 Sat, 20 May 2023 00:00:00 +0000 Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Media “Paris” Papan Bergaris Siswa Kelas 2 SD Negeri Pucangro 2 Gudo https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/446 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa melalui media “PARIS” papan bergaris. Berdasarkan pengalaman peneliti sebagai guru, masalah di lapangan yang ada adalah aktivitas siswa pada saat menulis tegak bersambung banyak mengalami kesulitan dalam menggunakan buku halus. Mereka kurang bisa melektakkan posisi tulisan di tempat yang seharusnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas II SD Negeri Pucangro 2 sebanyak 13 siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes. Tes dalam penelitian ini berisi tentang keterampilan menulis siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung siswa, yaitu minimal 75% siswa mencapai ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada siklus 1, sebanyak 7 dari 13 siswa tuntas dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 70, sehingga ketuntasan klasikal sebesar 54%. Siklus 2, dari 13 siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran sebanyak 12 siswa tuntas dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 85,76 sehingga ketuntasan klasikal sebesar 92%. Artinya, di siklus 2 keterampilan menulis siswa melalui media “PARIS” papan bergaris di SD Negeri Pucangro 2 mengalami peningkatan karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan.</p> Novi Indriani Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/446 Sat, 20 May 2023 00:00:00 +0000 Analisis Manajemen Keuangan SDN Kandangan III Surabaya https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/440 <p>Manajemen keuangan menjadi salah satu substansi dalam manajemen pendidikan yang turut menentukan keberhasilan dan jalannya kegiatan pendidikan di suatu lembaga sekolah. Kegiatan manajemen keuangan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pembukuan, pengawasan dan pertanggungjawaban. Undang-undang No. 20 tahun 2003 pasal 48 menyatakan bahwa dalam mengelola dana pendidikan harus berdasarkan pada prinsip efisiensi, efektifitas, transparansi, keadilan dan akuntabilitas. Manajemen keuangan bertujuan untuk meningkatkan keefektifitasan, efisiensi, akuntabilitas dan transparansi untuk mencegah terjadinya penyelewengan dana pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis proses manajemen keuangan di sekolah SDN Kandangan III Surabaya, dengan melakukan perbandingan terhadap analisis hubungan antara teori dengan fakta di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDN Kandangan III Surabaya dalam melakukan pengelolaan keuangan telah mengikuti prinsip-prinsip manajemen keuangan dan sesuai dengan kebijakan pemerintah yang berlaku. Manajemen keuangan dilakukan secara sistematis dari tahap perencanaan hingga pengawasan. Penggunaan dana pendidikan didasarkan pada RKAS yang telah disepakati bersama.</p> Sabrina Fitri Jasmine Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/440 Sat, 20 May 2023 00:00:00 +0000 Prosedur Penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) Di SMA Ta’miriyah Surabaya https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/448 <p>Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) merupakan suatu perencanaan yang wajib ada dalam satuan pendidikan. Oleh sebab itu, dalam menyusun RKAS perlu dilakukan secara sistematis berdasarkan pedoman yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur penyusunan RKAS di SMA Ta’miriyah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Dalam lembaga pendidikan diperlukan manajemen keuangan agar dapat mengelola keuangan sekolah dengan baik dan benar. Salah satu subtansi manajemen adalah perencanaan. Perencanaan dalam keuangan sekolah dilaksanakan untuk mencegah permasalahan yang timbul dalam mengelola keuangan. Penelitian ini diadakan di SMA Ta’miriyah Surabaya, dikarenakan saya ingin mengetahui bagaimana prosedur penyusunan RKAS pada lembaga sekolah swasta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penyusunan RKAS dilakukan dengan 1) Iventarisasi rencana yang akan dilakukan, 2) Penyusunan rencana didasarkan pada skala prioritas pelaksanaannya, 3) penentuan program kerja dan rincian program, 4) penetapan kebutuhan untuk pelaksanaan rincian program, 5) Penghitungan dana yang diperlukan, 6) Penentuan sumber biaya untuk mendanai rencana.</p> Nadia Salsabila Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/448 Sat, 20 May 2023 00:00:00 +0000 Evaluasi Proses Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar 1 Di Jurusan Fisika Universitas Negeri Gorontalo https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/443 <p>Program praktikum sebagai salah satu pengembang kualitas sumber daya manusia (SDM) memerlukan fungsi evaluasi untuk efektifitas pelaksanaan suatu program yang bersangkutan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pada pelaksanaan program praktikum Fisika Dasar I di jurusan fisika Uiversitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif program dengan menggunakan model evaluasi <em>IPO</em> yang dikembangkan oleh David S. Bushnell. Model evaluasi IPO merupakan model evaluasi program pelatihan atau pembelajaran yang mencakup tiga komponen subsistem yaitu masukan, proses dan luaran. Adapun prosedur penelitian terdiri dari penyusunan desain evaluasi, pengembangan instrument, pengumpulan data, analisis dan judgement, dan penyusunan laporan hasil evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata persentase skor pada evaluasi proses sebesar 85% dengan kategori sangat baik. yang meliputi aspek jadwal dan waktu pelaksanaan praktikum, suasana pelaksanaan praktikum, dan aktivitas asisten praktikum dan praktikan. Dengan demikian, disimpulkan bahwa praktikum fisika dasar 1 di Jurusan Fisika Universitas Negeri Gorontalo berlangsung sangat baik.</p> Muammad Irfan Dunggio, Masri Kudrat Umar, Dewa Gede Eka Setiawan Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/443 Sat, 20 May 2023 00:00:00 +0000 Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Tentang Sistem Gerak Manusia Di Kelas VIII SMP Kota Gorontalo https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/441 <p>Literasi sains merupakan kemampuan menggunakan pengetahuan sains untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa tentang sistem gerak manusia di kelas VIII SMP kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi sains siswa tentang sistem gerak manusia di kelas VIII SMP Kota Gorontalo untuk semua aspek tergolong rendah dengan persentase 57%. Persentase kemampuan literasi sains siswa pada aspek konteks secara keseluruhan 56,17%, aspek pengetahuan 56,6%, dan aspek kompetensi 50,20%. Ketiga aspek tersebut berada dalam kategori rendah, sedangkan pada aspek sikap 81,48% dengan kategori tinggi.</p> Nur Intan, Masrid Pikoli, Ritin Uloli Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/441 Sat, 20 May 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Blended Learning Dalam Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/455 <p>Pandemi Covid-19 yang terjadi begitu luar biasa dan meresahkan serta berdampak pada hampir semua sektor dalam kehidupan. Dalam hal ini sektor pendidikan mendapatkan tantangan dengan hadirnya pandemi Covid-19, dimana kegiatan pembelajaran tidak dapat berjalan normal seperti biasanya, dan mengharuskan beralih pada tatanan model pembelajaran baru. Alternatif yang digunakan dapat dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning. Begitu pula IDIA Prenduan, dalam menyikapi hal tersebut juga menggunakan model pembelajaran blended learning. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pemahaman mahasiswa tentang Blended Learning dan bagaimana model penerapannya yang dilakukan di di IDIA Prenduan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan bahwasannya pemahaman mahasiswa mengenai Blended Learning yaitu pembelajaran yang berlangsung dengan perpaduan tatap muka di kelas dan pembelajaran secara online. Adapun model penerapan Blended Learning yang diterapkan di IDIA Prenduan adalah dengan memperpadukan platform SIMASTER IDIA dengan platform pembelajaran online lain seperti google classroom, zoom dan whattsap.</p> Syamsul Arifin, Ahmad Maulidi Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/455 Sat, 20 May 2023 00:00:00 +0000 Analisis Permasalahan Dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran di Kelas I SD Negeri 15 Kelapa Kampit https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/462 <p>Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan permasalahan yang terjadi saat melakukan evaluasi serta menemukan solusi dalam permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data, yaitu melakukan wawancara dengan guru Sekolah Dasar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di kelas I SD Negeri 15 Kelapa Kampit, Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung. Hasil dari penelitian ini menemukan ada beberapa permasalahan yang terjadi saat melakukan evaluasi, diantaranya; kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan, pembelajaran jangka panjang sehingga tidak memungkinkan evaluasi berlangsung, serta guru berhalangan hadir saat akan dilakukan kegiatan evaluasi. Upaya yang ditemukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan guru menjelaskan kembali materi yang diajarkan dan melakukan kegiatan remedial.</p> M. Iqbal Arrosyad, Marwani Marwani, Leni Herlinda Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/462 Sat, 20 May 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar PKn pada Materi Lambang Pancasila Kelas III SDN Kencana Bogor https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/477 <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya keluhan siswa terhadap pembelajaran yang selama ini dirasa sangat membosankan khususnya pada mata pelajaran PKn. Guru lebih menekankan pada hafalan dan pembelajaran rutin dengan mengandalkan buku paket, siswa kurang dididik untuk berpikir berdasarkan apa yang telah ia dapatkan dalam pembelajaran. Hal ini sangat mempengaruhi hasil belajar siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar pada pembelajaran PKn untuk siswa kelas 3 (tiga) di SDN Kencana Kota Bogor. Penelitian ini populasinya adalah siswa kelas 3 (tiga) berjumlah 27 siswa. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal essay. Teknik analisis data menggunakan Uji Paired Sample T-test. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test dapat diketahui bahwa signifikasi yang diperoleh adalah 0,000&lt;0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha adanya pengaruh dari perlakuan dan Ho ditolak atau tidak adanya pengaruh dari pemberian perlakuan maka terdapat pengaruh yang signifikansi terdapat hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi simbol dan makna lambang pancasila kelas 3 di SDN Kencana Kota Bogor. Materi simbol dan makna lambang pancasila dengan menggunakan soal <em>pre-test</em> siswa yaitu dengan nilai 70,60 dan setelah diberikan perlakuan hasil <em>Poss-test</em> 91,97.</p> Daniyah Daniyah, Listiami Listiami, Rizky Ekawaty Ahmad, Andi Maryam, Nurhikmah Nurhikmah Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/477 Sat, 20 May 2023 00:00:00 +0000