Meningkatkan Komitmen Guru melalui Optimalisasi Kepemimpinan Kepala Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.32Keywords:
Kepemimpinan, Kepala Sekolah, EMASLIM, Komitmen GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan komitmen guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Dian Kahuripan Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode survei. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru SLB Dian Kahuripan Jakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terstruktur yang dilakukan secara langsung dan melalui media komunikasi WhatsApp. Pengukuran kepemimpinan kepala sekolah dilakukan melalui analisis peran kepala sekolah sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator (EMASLIM). Sedangkan komitmen guru diukur melalui dimensi komitmen afektif, komitmen kontinu, dan komitmen normative. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kepala sekolah sudah menjalankan perannya sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator (EMASLIM); Guru sudah menunjukkan komitmen afektif, komitmen kontinu, dan komitmen normative; dan Peran kepala sekolah sebagai educator, manajer, supervisor dan leader terbukti lebih dominan dalam meningkatkan komitmen guru.
References
Ali, S., & Hasanah, E. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menjamin Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 264–272. Retrieved from http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/1735/1544
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ
Bar-Haim, A. (2019). Organizational Commitment. New Jersey: World Scientific Publishing. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Organizational_Commitment_The_Case_Of_Un/e-aWDwAAQBAJ
Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=W-deDwAAQBAJ
Dindin. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi, Disiplin Kerja dan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan, Hukum Dan Bisnis, 5(1), 45–59. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Eduka/article/view/7103/4664
Djafri, N. (2016). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah (Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi). Yogyakarta: Deepublish. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=KUkwDwAAQBAJ
Djunaidi. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan, 2(1), 89–118. https://doi.org/10.33084/anterior.v18i1.436
Ekhwanudin. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah di Tengah Pandemi Covid-19. Jawa Pos. Retrieved from https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2021/01/04/kepemimpinan-kepala-sekolah-di-tengah-pandemi-covid-19/
Fadhilla, A. R., & Istiningsih. (2020). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan Saat SFH (Study Frome Home) di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 1–13. Retrieved from http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/j-pgmi/article/view/4376
Hamidi, Nuzuwar, & Nurmal, I. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator dan Supervisor. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 2(1), 39–47. Retrieved from https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/ALIGNMENT/article/view/743
Hancott, D. (2017). Leadership Is What? Morrisville: Lulu Publishing Service. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Leadership_Is_What_The_Importance_of_Vis/odKgDgAAQBAJ
Hardiansyah, & Aryani, M. (2016). Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator. Jurnal Visionary, 1(1), 43–52. Retrieved from https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/visionary/article/view/638
Hatimah, H., & Nurochmah, A. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator Dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kepada Guru Di SMA Negeri. Jurnal Administrasi, Kebijakan Dan Kepemimpinan Pendidikan, 1(2), 188–196. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/JAK2P/article/view/10168
Hidayatullah, M. N., & Dahlan, M. Z. (2019). Menjadi Kepala Sekolah Ideal, Efektif dan Efisien. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=u8DDDwAAQBAJ
Hutahaean, W. S. (2018). Kepemimpinan Masa Kini. Malang: Ahlimedia Press. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=rosaEAAAQBAJ
Hutahayan, B. (2020). Kepemimpinan (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Deepublish. Retrieved from www.google.co.id/books/edition/Kepemimpinan_Teori_Dan_Praktik/3cIXEAAAQBAJ
Irtiqo, N. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru di TK Tunas Adipura Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 5(1), 1–12. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/21902/0
Juarman, J., Rahmawati, N. N., & Lestari, D. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader dalam Meningkatkan Disiplin Kinerja Guru di SDN 02 Josenan Kota Madiun. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(2), 107–118. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.11649
Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=L94oDwAAQBAJ
Lubis, J., & Haidir. (2019). Administrasi dan Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia: Optimalisasi Bagi Personel Sekolah dan Korporasi. Jakarta: Prenada Media Group. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=Nk8CEAAAQBAJ
Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif: Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=nn0GEAAAQBAJ
Marlina, M., Aliman, A., & Somantri, M. (2018). Komitmen Dan Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMAN 6 Bengkulu. Jurnal Manajer Pendidikan, 12(3), 29–40. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/5949/3145
Marzuwan, Harun, C. Z., & Ibrahim, S. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Meureudu. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(3), 81–88. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/4803/4152
Mathew, P., Song, J., Ferch, S. R., & Spears, L. C. (2021). Global Servant-Leadership. London: The Rowman & Littlefield Publishing Group. Retrieved from www.google.co.id/books/edition/Global_Servant_Leadership/ATQGEAAAQBAJ
Meyer, J. P. (2016). Handbook Of Employee Commitment. Northampton: Edward Elgar Publishing. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/ Handbook_of_Employee_Commitment/eoEwDQAAQBAJ
Northouse, P. G. (2010). Leadership (Theory and Practice). USA: SAGE Publications. Retrieved from ttps://www.google.co.id/books/edition/Leadership/BiqT_CzbBegC
Rusdiana, E. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Educator dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(1), 231–236. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/1829
Sari, E. (2019). Manajemen Lingkungan Pendidikan: Implementasi Teori Manajemen Pendidikan Pada Pengelolaan Lingkungan Sekolah Berkelanjutan. Ponorogo: Uwais Press. Retrieved from https://in.b-ok.as/book/11121403/6a807e
Sari, E., Koul, R., Rochanah, S., Arum, W. S. A., & Muda, I. (2019). How Could Management of School Environment Improve Organizational Citizenship Behaviors for The Environment? (Case Study at Schools for Specifics Purposes). Journal of Social Studies Education Research, 10(2), 46–73. Retrieved from https://jsser.org/index.php/jsser/article/view/601
Sirait, J. (2021). Komitmen Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Sekolah. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=mkQjEAAAQBAJ
Soekarso, & Putong, I. (2015). Kepemimpinan (Kajian Teoritis dan Praktis). Jakarta: Mitra Wacana Media. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=g6hxBgAAQBAJ
Suparman. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Guru. Ponorogo: CV Uwais Inspirasi Indonesia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=rlujDwAAQBAJ
Supriadi, O. (2021). Peranan Kepala PAUD dalam Penyelenggaraan Pendidikan Sebelum dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 841–856. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.727
Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenadamedia Group. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=Gh2eDwAAQBAJ
Utaminingsih, A. (2014). Perilaku Organisasi. Malang: UB Press. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Perilaku_Organisasi/-wVRDwAAQBAJ
Wibowo, Y. S., Luddin, M. R., & Sari, E. (2019). Understanding Organizational Commitments in the Public Sector: A Case Study of Commissioners and Investigators at The Business Competition Supervisory Commission (KPPU). Policy & Governance Review, 3(3), 208–224. https://doi.org/10.30589/pgr.v3i3.152
Widyastuti, A., Simarmata, J., & Meirista, E. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Perencanaan. Medan: Yayasan Kita Menulis. Medan: Yayasan Kita Menulis. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=-4D1DwAAQBAJ
Yusuf, R. M., & Syarif, D. (2018). Komitmen Organisasi: Definisi, Dipengaruhi dan Mempengaruhi. Makassar: Nas Media Pustaka. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Komitmen_Organisasi/jZ5yDwAAQBAJ
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.